Mengenal Material Dinding Bata Ringan

bata ringan antara lain : Jaya Celcon, Leitchbrick, Citicon, Powerblock, Thermoblock, dan masih banyak lagi yang lain.

Keunggulan penggunaan dinding bata ringan adalah :
  1. Bata ringan Memiliki ukuran dan kualitas yang seragam sehingga dapat menghasilkan dinding yang rapi serta tidak memerlukan plesteran yang tebal.
  2. Bata ringan tidak memerlukan spesi / siar yang tebal sehingga menghemat penggunaan perekat.
  3. Bata ringan lebih ringan dari pada bata biasa sampai hampir separuhnya, sehingga memperkecil beban struktur yang pada akhirnya akan ada penghematan di struktur bangunan.
  4. Karena ringan, pengangkutan bata ringan lebih mudah dilakukan.
  5. Pelaksanaan pasangan dinding bata ringan lebih cepat daripada pemakaian bata biasa. Pelaksanaan pasangan bata merah umumnya hanya 6-12 m2/hari, sedangkan bata ringan bisa sampai 20 m2/ hari.
  6. Bata ringan bersifat kedap air, sehingga akan memperkecil kemungkinan terjadinya rembesan air.
  7. Bata ringan mempunyai ketahanan yang baik terhadap api sehingga tidak mudah terbakar cocok untuk dipasang pada core lift dan area tangga darurat. 
  8. Bata ringan dapat berfungsi sebagai insulasi panas sehingga suhu di dalam ruang tidak terlalu terpengaruh cuaca panas di luar dan sebagai insulasi suara karena mempunyai kekedapan suara yang baik.
Saat ini harga bata ringan di pasaran sekitar Rp. 650.000,- / m3 tergantung merek, volume pembelian, dan lokasi pengirimannya. 

Penggunaan bata ringan untuk pasangan dinding tampak lebih mahal daripada bata merah biasa, tetapi kita harus melihat secara keseluruhan bangunan. 

Dengan kecepatan pemasangannya yang akan menghemat biaya tukang dan penghematan di struktur bangunan karena beban yang berkurang maka sebenarnya penggunaan bata ringan lebih ekonomis.

Post a Comment for "Mengenal Material Dinding Bata Ringan "